Kamis, 26 April 2018

Risiko Terkena Diabetes Gestasional Saat Hamil ?

Taukah Anda, diabetes gestasional dapat menyebabkan gula darah tinggi yang dapat memengaruhi kehamilan ? Meningkatkan risiko ibu terhadap preeklampsia dalam tahap terakhir kehamilan. Selain itu, penyakit ini juga dapat berpengaruh pada bayi Anda, misalnya cacat setelah lahir dan gangguan pernapasan. Nah, sebelum ini terjadi kepada janin yuk kita simak ulasan dibawah ini bunda..!


Penyebab Diabetes Gestaional
Diabetes gestasional bisa terjadi pada setiap wanita, namun ada wanita memiliki risiko lebih tinggi, nah terutama wanita yang memiliki kondisi berikut :
  • Wanita Dengan Usia Diatas 25 tahun.
Wanita lebih dari usia 25 tahun lebih mungkin terkena diabetes gestasional.
  • Berat Badan Yang Berlebihan.
Anda kemungkinan terkena diabetes gestasional bila secara signifikan Anda kelebihan berat badan dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
Tekanan darah tinggi dapat memengaruhi sekresi insulin dari pankreas, yang mengarah ke gula darah yang lebih tinggi.
  • Kolesterol Tinggi
Kolesterol juga dipengaruhi oleh tekanan darah dan glukosa darah. Jika kadar glukosa darah dan darah Anda tinggi, jumlah kolesterol Anda mungkin juga turun. Semua ini adalah faktor risiko diabetes dan penyakit jantung, dan semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin tinggi risikonya.
  • Pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga.
Wanita yang berencana untuk hamil atau sedang hamil dapat mencegah diabetes gestasional dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan mengontrol gula darah.
Mengontrol gula darah dapat mencegah kelahiran yang sulit dan membuat Anda dan bayi Anda sehat.

Pada diabetes gestasional, gula darah akan kembali normal segera setelah melahirkan. Namun, jika Anda pernah memiliki diabetes saat hamil, Anda memiliki risiko tujuh kali lebih besar memiliki diabetes tipe 2 di masa depan.

Pencegahan Serta Cara Mengatasi Diabetes Getasional
Anda harus memantau dan mengelola gula darah Anda dengan rutin ke dokter. Karena bagi kebanyakan wanita, diabetes saat hamil tidak menyebabkan tanda atau gejala yang terlihat jelas.
Ketika Anda memiliki diabetes saat hamil, Anda perlu rutin memeriksa kadar gula darah. Frekuensi tes gula darah nantinya akan bergantung pada hasil tes setelah Anda melahirkan bayi Anda.

Ulasan
Diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi selama kehamilan, dan termasuk komplikasi kehamilan yang terbilang cukup banyak terjadi. Wanita yang sebelum hamil tidak memiliki riwayat diabetes, juga memiliki risiko terkena diabetes gestasional.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga Anda dan Bayi yang sedang Anda kandung sehat dan diberikan rahmat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar